Akhir-akhir ini banyak yang membanding-bandingkan antara dua jejaring sosial yang sedang booming, yaitu
Facebook dan Twitter. Sekarang saya akan mencoba membahas versi saya
pribadi. Sebelumnya perlu diketahui, saya adalah pengguna kedua jejaring
tersebut.
Kesimpulan yang saya ambil adalah Facebook sebagai pemenang. Kenapa? Mari kita ulas.
Twitter memiliki kelebihan yang sudah menjadi ciri khas mereka.
Istilah-istilah seperti follow, follower, tweet, mention, ataupun
retweet sudah akrab di telinga kita para tweeps (pengguna twitter).
Dulu, itu adalah beberapa keunggulan Twitter dibanding Facebook. Tapi
ternyata Mark Zuckerberg tidak ingin mengikuti jejak Friendster
yang diam ditempat dan akhirnya punah karena keberadaan jejaring sosial
lain. Sekarang, Facebook juga memiliki fitur-fitur tersebut namun
dengan istilah yang berbeda. Apa saja itu?
1. Follow –> Subscribe
Awalnya FB hanya membatasi jumlah Friend Request atau
Permintaan Pertemanan pada tiap akun sejumlah 1000 request. Ya, memang
sampai saat ini peraturan tersebut masih berlaku. Tapi kini sudah ada
fitur subscribe (langganan). Dimana fitur tersebut fungsinya seperti
halnya follow, yaitu mengikuti perkembangan akun yang kita subscribe
tanpa harus menjadi teman akun yang bersangkutan. Dan untuk subscribe
akun biasanya tidak perlu persetujuan yang bersangkutan (kecuali
disetting khusus).
2. Follower –> Subscriber
Sama seperti halnya follower, jika kita men-subscribe (berlangganan)
akun orang, maka home/beranda FB kita akan diisi oleh postingan
akun-akun yang kita subscribe tersebut. Jika friend dalam satu akun
hanya dibatasi 5000 orang, tidak halnya dengan Subscriber/Pelanggan.
Fitur ini tidak membatas jumlah subscriber dalam satu akun.
3. Mention –> Tag
Salah satu ciri khas Twitter adalah fitur mention dengan tanda @. Dan
sekali lagi, Facebook pun juga menyediakan fitur yang kurang lebih
sama. Kita bisa mention kawan kita dalam status, foto, video, catatan,
bahkan komentar. Dan orang yang kita tag akan mendapat notif atau
pemberitahuan di FB mereka.
4. Retweet –> Share
Jika di twitter ada fitur retweet (RT) untuk menyebarkan sebuah
postingan dari orang lain, di FB pun ada fitur serupa yang dinamakan
share/bagikan. Dalam fitur share ini; status, foto, video, catatan, atau
bahkan sebuah link situs bisa kita sebarkan ke kawan-kawan kita
(friend/subscriber) dalam bentuk postingan yang mengarah pada link dari
postingan asli yang bersangkutan. Asiknya, kita bisa memilih mau share
postingan tersebut di FB sendiri, FB teman, atau dalam grup dan
page/halaman.
Jumat, 29 Juni 2012
Adu Fitur Dua Situs Jejaring: Facebook vs Twitter
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar
Post a Comment and Don't Spam!