Rabu, 06 Juni 2012

Tips Aman Belanja Online
























Sekarang ini belanja online sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Belanja online menawarkan belanja yang mudah tanpa perlu repot datang ke tempat penjual. Toko online bisa berasal dari toko besar, toko kecil, maupun perorangan.

Namun seperti yang kita tahu banyak sekali kejahatan yang terjadi memanfaat trend belanja online ini, dan kita harus berhati-hati. Dan ini adalah tips dari kami dalam berbelanja online :

1. Perangkat komputer anda gunakan harus terinstall anti virus dan harus selalu diupdate, dan pasang anti phising

2. Cari toko / penjual online yang bisa dipercaya, sebelum melakukan transaksi pastikan sebelumnya anda mengetahui reputasinya. Anda bisa mencarinya dimesin pencari mengenai reputasi penjual ini.


3. Pastikan toko / penjual online tidak memanfaatkan data pribadi anda, dan pastikan juga toko / penjual ini memiliki kebijakan jika barang yang anda beli tidak sesuai dengan deskripsi yang tertera di situsnya dan ada jaminan uang kembali jika produknya ternyata sudah habis.

4. Perhatikan kondisi barang yang dijual apakah baru atau bekas dan apakah bergaransi resmi. Jika barangnya bekas tanyakan ke penjual kondisi yang sedetil-detilnya dan minta gambar barang tersebut, dan anda pastikan tidak ada cacat. Baca baik-baik deskripsi produknya.

5. Sebelum membeli barang di salah satu toko / penjual online ada baiknya anda melakukan perbandingan harga. Dan yang terpenting jangan tergiur dengan harga yang sangat murah yang biasanya juga diimingi dengan barang dari Batam, biasanya barang elektronik. Karena itu adalah penipuan dan beberapa teman penulis pernah menjadi korban.

6. Pilih cara pembayaran yang aman, jika masih satu kota dengan penjual / toko tanyakan apakah bisa menggunakan COD (cash on delivery), atau anda bisa menggunakan jasa rekber jika anda berbelanja melalui Kaskus. Jika mau transfer langsung ke rekening toko / penjual online pastikan mereka memiliki reputasi baik, lihat testimonialnya.

7. Atau jika ingin menggunakan kartu kredit anda bisa menggunakan jasa iPay88 seperti yang digunakan di store kami atau PayPal. Dan pastikan anda tidak diarahkan ke situs yang mencurigakan pada saat melakukan transaksi menggunakan kartu kredit.

8. Jika anda memilih membeli barang dan barangnya dikirim menggunakan jasa pengiriman anda harus minta ke toko / penjual no resi pengiriman.

9. Simpan bukti pembayaran yang anda lakukan.

Semoga Tips ini bermanfaat dan selalu waspada.

0 komentar:

Posting Komentar

Post a Comment and Don't Spam!